Agustus 22, 2012

Pengertian Menstruasi

Serba serbi wanita dan masalah Menstruasi adalah pengeluaran darah secara rutin lewat vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Menstruasi biasanya baru akan dialami oleh gadis remaja yang berusia antara 9 hingga 16 tahun. Tergantung pada berbagai faktor, termasuk kesehatan gadis remaja tersebut, status kandungan gizi makanan yang dikonsumsi, keturunan dan berat badan relatif terhadap tinggi badan.

Menstruasi berlangsung rata-rata sekali dalam sebulan sampai wanita mencapai usia 45 hingga 50 tahun. Ada juga yang mengalami menstruasi tiap dua atau tiga bulan sekali, bahkan ada yang enam bulan sekali. Yang mempengaruhi siklus menstruasi adalah pengaruh kesehatan dan pengaruh-pengaruh lainnya.

Yang mempengaruhi hadirnya menstruasi adalah tidak adanya pembuahan di dalam rahim pada masa seorang wanita mengalami masa kesuburan. Sedangkan ketidakmampuan seorang wanita untuk bermenstruasi adalah sebuah tanda berkurang atau berhentinya kesuburan, ini disebut menopause. Menopause kira-kira terjadi pada usia 45 hingga 50 tahun.

Daur Menstruasi

Rata-rata daur menstruasi adalah 28 hari, namun ada juga yang berkisar antara 21 hingga 40 hari. Ditemukan pula pada sedikit wanita mengalami daur menstruasi yang panjang, ada yang ditemukan memiliki daur 90 hingga 180 hari.

Panjang daur menstruasi adalah bervariasi pada satu wanita dengan wanita lainnya. Kesehatan fisik, emosi, dan nutrisi makanan yang dikonsumsi wanita tersebut dapat mempengaruhi daur menstruasi masing-masing wanita.

Menstruasi adalah bagian dari proses yang teratur dalam menentukan masa subur seorang perempuan dalam tiap bulan. Hormon yang mengendalikan siklus menstruasi adalah hormon yang berasal dari hipotalamus. Penghasil hormon ini adalah kelenjar hormon di bawah otak bagian depan dan mengendalikan indung telur.

Daur menstruasi dimulai dari lapisan sel rahim mulai berkembang menebal. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung bagi janin yang sedang tumbuh bila wanita tersebut hamil. Hormon ini memberi tanda pada telur di dalam indung telur untuk mulai matang.

Sebuah telur dilepaskan dari indung telur wanita dan bergerak menuju tuba falopi menuju ke rahim. Bila telur tidak dibuahi dalam masa subur maka lapisan rahim akan terlepas dari dinding rahim dan dikeluarkan berupa darah lewat vagina.

Menstruasi adalah masa pengeluaran darah atau sering disebut dengan mens atau haid. Menstruasi biasanya berlangsung sepanjang tiga hingga delapan hari. Seorang wanita tidak mengalami menstruasi bulanan jika sedang hamil.

Gangguan Menstruasi

Gangguan menstruasi berupa keterlambatan kedatangan (amenore) bisa terjadi jika stres, hilang berat badan, olahraga berat secara teratur, atau penyakit. Sedangkan hal sebaliknya justru dialami beberapa wanita, mereka mengalami menstruasi yang tak juga berhenti/panjang (menoragi) dan aliran darah menjadi banyak.

Rasa tidak nyaman pada fisik selama beberapa hari sebelum datang masa menstruasi adalah dialami oleh beberapa wanita. Dismenore atau menstruasi yang menyakitkan dialami lebih dari separoh wanita di dunia.

Ciri-ciri dari gangguan menstruasi adalah berupa payudara dan puting susu yang nyeri, kadang berupa bengkak dan psikologis yang sensitiv sehingga mudah marah.

Keluhan yang cukup berat pada menstruasi adalah dialami beberapa wanita berupa nyeri otot-otot rahim, pusing, sakit pada tengah perut, perasaan galau, lelah, pilek dan bahkan kesakitan sampai menangis. Bentuk yang paling berat dari gangguan menstruasi mungkin membutuhkan penanganan dokter.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 08.08 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar