Agustus 10, 2012

Tentang Pengertian Cinta

tentang-cinta.jpg
Tentang Pengertian Cinta secara umum adalah suatu perasaan ingin berbagi dengan sesama dengan menujukkan suatu hal atau tindakan yang istimewa, bahkan sering kali dilakukan di luar akal manusia. Kita sebagai manusia tidak bisa menghilangkan perasaan cinta karena cinta adalaha perasaan yang mutlak yang dimiliki manusia yang dianugerahkan Allah untuk hambanya. Nah, kita sebagai manusia hanya bisa mengatur perasaan cinta itu agar menjadi sesuatu yang bermanfaat
Pengertian Cinta

Berbicara tentang pengertian cinta, curhat cinta, pasti masing-masing individu atau kelompok mempunyai arti berbeda tentang cinta. Berikut ini pendapat dari para ahli dan tokoh masyarakat tentang pengertian cinta:

1. Pengertain Cinta Menurut Ahli Psikologi

Menurut para ahli psikologi, pengertian cinta itu sulit untuk dibedakan atau diungkapkn melalui sutau rangkaian kata yang bersifat mutlak. Karena cinta merupakan suatu bentuk emosi serta perasaan yang dimiliki oleh masing-masing individu.

Para ahli psikologi membagi pengertian cinta menjadi 3 bagian diantaranya adalah:

a. Cinta karena nafsu

Yaitu perasaan cinta yang mengakibatkan hubungan antara dua orang kekasih tidak terkontrol karena emosi sudah menguasai akal sehatnya. Sehingga timbulah perilaku yang tidak sopan dan hal-hal yang negatif.

b. Cinta pragmatis

Yaitu cinta yang terjadi karena adanya keseimbangan di antara dua orang yang sedang jatuh cinta. Misalnya ada rasa suka dan duka yang dapat dirasakan oleh kedua belah pihak.

c. Cinta alturuistik

Contohnya seperti cinta seorang ibu pada anaknya, karena cinta seperti ini disertai kasih sayang tiada batas.
2. Pengertian Cinta Versi Berbagai Disiplin Ilmu

Penegrtian cinta di bawah ini merupakan pengertian cinta versi berbagai dispilin ilmu. Pengertian yang diungkapkanya pun adalah sebuah pengertian cinta yang dibuat secara menarik. Menarik karena dikaitkan dengan istilah-istilah yang bersangkutan dengan disiplin ilmu tersebut.

1. Pengertian Cinta Versi Fisika

Pengertian cinta versi fisika adalah pantulan pandangan mata yang dibiaskan ke hati.

2. Pengertian Cinta Versi Kimia

Pengertian cinta versi kimia adalah reaksi yang terjadi di dalam hati dua orang insan secara bersamaan dan menghasilkan getaran yang dahsyat.

3. Pengertian Cinta Versi Biologi

Pengertian cinta versi biologi adalah tumbuhan berkeping dua, tapi hakikatnya satu.

4. Pengertian Cinta Versi Matematika

Pengertian cinta versi matematika adalah fungsi yang menjelaskan bahwa satu ditambah satu sama dengan satu (1 + 1 = 1).

5. Pengertian Cinta Versi Bahasa Indonesia

Pengertian cinta versi bahasa Indonesia berarti jika hari-hari biasa adalah kata benda, malam minggu adalah kata kerja.
3. Pengertian Cinta dalam Agama Islam

Cinta adalah identitas dan iman. Setiap diri seseorang pasti memiliki cinta. Agama Islam mengajarkan untuk menyalurkan cinta tersebut kepada hal-hal yang baik, terutama cinta kepada Allah.
Jika hal ini sudah diterapkan, maka ketika kita mau berbagi cinta dengan sesama, tidak akan terjadi lagi penyalahgunaan cinta.
Pengertian Cinta - Jenis Cinta

Seperti telah diungkapkan di awal, cinta memiliki berbagai jenis. Berikut ini beberapa jenis-jenis cinta.
1. Cinta pada keluarga

Sudah tidak dipungkiri lagi cinta pada keluarga adalah suatu perasaan yang mutlak kita miliki karena tanpa ayah dan ibu kita tidak akan lahir ke dunia. Ataupun ketika kita sedang dirundung masalah atau sedang senang pastilah keluarga yang selalu men-support kita, mendukung apapun yang kita lakukan.

Cinta pada keluarag terutam pada ayah dan ibu ini wajib kita miliki, apalagi pada seorang ibu yang melahirkan kita. Jika kita menyampingkan orang tua, bisa-bisa kita dianggap sebagai anak durhaka yang tidak mau berbakti pada orang tua.
2. Cinta pada teman

Cinta pada teman adalah suatu bentuk dari kita bersosialiasi dengan lingkungan sekitar. Cinta pada teman ini tidak akan terwujud jika kita tidak bersosialisasi ataupun mengenal orang-orang yang ada di sekitar kita.

Cinta pada teman sendiri biasanya diwujudkan dengan adanya suatu perkumpulan atau geng. Biasanya dalam perkumpulan tersebut ada aturan yang harus ditaati. Seperti wajib mengisi buku curhat, sebulan sekali wajib mengunjungi rumah dari anggota perkumpulan tersebut, men-support teman ketika sedang kesusuhan, ataupun putus cinta. Yang tidak lain, aturan ini adalah bentuk rasa cinta mereka terhadap teman.
3. Cinta pada lawan jenis

Nah, pengertian cinta dalam pembahasan ini wajib kalian cermati dengan sebaik-baiknya. Karena perasaan cinta seperti ini pasti pernah kita alami mulai dari zaman ABG sampai saat dewasa. Perasaan ini tidak akan pernah habis-habisnya untuk dibahas secara detail.
Pada hakikatnya, setiap manusia itu diciptakan berpasang-pasangan dan itu sudah tertulis dalam lauh mahfuz bahwa seseorang yang akan menjadi pasangan kita kelak.

Pernahkah Anda mendengar cinta monyet? Cinta yang pastinya pernah Anda alami ketika masih duduk di bangku sekolah. Jika ingat pengalaman cinta monyet, pasti Anda akan tertawa mengingatnya.

Cinta monyet hanya sebuah istilah saja bagi remaja-remaja yang sedang jatuh cinta. Hubungan yang mereka jalin bersama dengan lawan jenisnya pun hannya sekedar perasaan suka, kagum, ataupun bisa jadi karena gengsi yang dirasakan. Tapi walaupun begitu, ada juga yang memang menjalin hubungan sejak remaja berlanjut ke pelaminan.

Tetapi lebih baik ungkapakan dan ekspresikan perasaan cinta yang kita miliki itu untuk orang yang halal. Artinya, jika sudah siap dan umur sudah siap untuk menikah, lebih baik menikahlah dengan pasangan yang kita pilih dan yakin untuk mendampingi hidup.

Kenapa demikian? Karena ketika kita menjalin suatu hubungan dengan orang lain, biasanya timbul keingingan kita untuk berbuat sesuatu yang tidak dibolehkan dalam agama Islam, yang biasa disebut dengan zina. Pengertian zina pun bukan hanya pada hubungan fisik saja, tapi lebih kepada zina hati, zina mata, dan sebagainya.

Jadi bagi yang sedang galau, lebih baik persiapakan diri untuk menerima dan mengekspresikan cinta yang halal pada pasangan yang sudah dinikahi. Maka akan terasa lebih nikmat ketika akan mengekspresikan cintanya.
4. Cinta pada negara

Jenis cinta pada negara biasanya disebut dengan jiwa nasionalisme. Apapun akan dia lakukan untuk negaranya. Ekspresi cinta yang ditunjukkan oleh seseorang terhadap negaranya, bisa terlihat dari cinta terhadap produk dalam negeri, melestarikan budaya negara, sampai membela negaranya jika keadaan negara tersebut sedang berperang dengan negara lain.

Seperti yang dilakukan oleh pahlawan-pahlwan kita sebelumnya, di antaranya adalah Soekarno, Muhammad Hatta, Jenderal Soedirman, Imam Bonjol, dan lain-lain.
5. Cinta pada lingkungan

“Save our earth”, “Go Green”, kalimat-kalimat tersebut sering kita dengar ataupun kita lihat sebagai bentuk ekspresi seseorang terhadap lingkungan.

Seperti yang kita ketahui, bumi atau lingkungan kita sedang tidak stabil. Artinya, mulai banyak orang-orang yang sudah tidak peduli pada lingkungannya. Seperti membuang sampah sembarangan yang akan berakibat banjir, penebangan pohon liar yang mengakibatkan erosi, serta pemanasan global sehingga menipisnya lapisan ozon.

Bagi Anda yang pecinta lingkungan, ada baiknya bersama komunitas-komunitas pecinta lingkungan untuk menyelamatkan lingkungan tercinta. Dimulai dengan menanam pohon atau yang lebih sederhananya adalah dengan tidak mebuang sampah sembarangan.
6. Cinta kepada Tuhan

Cinta yang akan dibahas ini adalah yang sangat penting dan wajib kita lakukan. Karena Tuhan adalah Maha Pencipta alam semesta ini. Kita sbagai hambanya wajib beribadah pada-Nya dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai rasa syukur atas segala nikmat yang kita dapat. Terlebih, sebagai perwujudan cinta kita kepada-Nya. Cinta pada Tuhan merupakan cinta yang paling hakiki. Yang posisinya paling utama, sebelum mencintai yang lainnya.

Itulah uraian serba serbi cinta. Mulai dari pengertian cinta, sampai pada jenis-jenis cinta.

ads

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 02.35 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar